Kamis, 17 Desember 2015

VENTILATING SYSTEM TERMINAL


      Peralatan ventilasi di geladak cuaca atau terminal digunakan untuk menyediakan jalan udara masuk dan keluar kapal, ditempat yang cocok dan terlindung dari naiknya air laut.. semua ventilator dilengkapi dengan wire-mesh tereen untuk melindungi masuknya serangga dan tikus. Ventilator fitting umumnya dibuat dari baja yang di las dan cukup kuat untuk menahan normal shipboard wear and tear, ditambah korosi karena elemen-elemennya terbuka. Bagian yang terbuat dari baja umumnya di galoanize setelah dirakit. Tinggi dan penyangga ambang (coaming) seperti halnya susunan penutupan harus disetujui sebagai salah satu kondisi dari ships freeboard assignment.
1.1  Cowl
Cowl  digunakan untuk memasukkan dan mengeluarkan udara secara natural dari ruang muat atau ruang penyimpanan (storage), tidak dilengkapi dengan sistem mekanis. Sebuah cowl dapat diputar searah atau berlawanan dengan angin sesuai kebutuhan untuk menyediakan supply atau exhaust. Cowl head dilengkapi sebuah weashertight damper, yang mana dapat ditutup selama cuaca buruk. Dengan bertambahnya penggunaan ventilasi mekanis, tipe ventilasi ini menjadi usang, dan tipe ini hanya terlihat di kapal kecil. (Lihat gambar di SDC lama)
1.2  Gooseneck
Gooseneck dapat digunakan baik untuk natural dan meckanical ventilating system. Alat ini digunakan untuk lubang angin/udara dari pada untuk ventilasi dan dapat dilengkapi dengan tutup kedap air, dan dikunci dengan dog. (gambar di SDC lama)
1.3  Mushroom
Mushroom standart dapat digunakan baik untuk natural atau mechanical supply atau terminal pengeluaran. Tipe ini dlengkapi dengan pelindung yang memadai untuk menghadapi hujan tetapi tidak masuknya air laut ke atas kapal, karena tidak mungkin menggabung penutup kedap pada perancangan.
Mushroom tipe Acrew down (tipe bucket) digunakan untuk ventilasi kompartemen yang kecil dan di lokasi yang terlindung. Cirri-ciri kekedapan diadakan  dengan screw-down-type top, dioperasikan diatas atau dibawah geladak. (gambar SDC lama dll.)
1.4  Louvers
Louver digunakan untuk mensupply udara masuk untuk semua sistem ventilasi, alat ini dipasang pada sekat cuaca dan diberi pelindung terhadap hujan. Tetapi harus dibatasi pada lokasi yang terlindung,tidak mudah kena gelombang, alat ini umumnya digunakan untuk sistem volume yang besar, seperti ventilasi ruang mesin, dengan konstruksi yang kokoh, terdiri dari frame dan louver blade yang diatur pada sudut 45ᵒ dengan 50mm bukaan dan dilengkapi dengan wire-mesh sereen. Di anjurkan louver terbuat dari material yang non-corrosive dan dirancang removable, karena pengalaman mengindikasikan bahwa louver harus di pindah beberapa kali selama umur kapal.
Saluran (ducts) ventilasi menembus subdivision bulk head dibawah margin line harus dipasang alat penutup kedap, dioperasikan dari atas margin line.

1.5  Air lift
Air lift digunakan ditempat louver di geladak terbuka terhadap gelombang (exposed slas). Alat ini dibuat terutama dari sebuah kotak baja dengan sebuah kotak baja dengan sebuah kotak baja dengan sebuah pelat pengatur ditengah yang mana aliran udara harus lewat. Setiap air yang masuk ke kotak dikeluarkan oleh baffle plate dan disalurkan kembali ke geladak terbuka.

Abdullah Azam

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar: