Saat ini penggunaan penutup kayu atau
steel cargp hatch cover yang ditutup dengan terpal, botten dan dog disekeliling
tepi nya telah berakhir. Hatch cover pada kapal modern umumnya terdiri dari bermacam-macam
tipe seperti single-piece lift-off pontoon, hinged pontoon section yang yang dilipat
untuk membukanya, rolling cover (fore and aft ataumelintang) dan potongan tutup
ini diletakan pada drum. Dalam semua hal tutup tersebut dibuat water tight oleh
dogging dengan gasket yang umumnya adalah steel hatch coaming seat bar.
3.1
Single-piece Pontoon Cover
Pontoon
cover untuk containership dan modern break bulk cargo ship umumnya terdiri dari
large steel section dengan ukuran yang cukup untuk menutup seluruh bukaan palkah
dalam satu potong. Pontoon dibuka pada sisi bawah dan dirancang
menggunakan rentang lebar palkah tanpa bantuan auxiliary beam support
(penyangga bantu). Alat angkat dipasang pada masing-masing pontoon, yang
kemudian ditangani oleh kapala tu crane darat. Single-piece pontoon cover yang
besar mempunyai peran yang penting pada kapal container dan heavy lift ship
dimana fasilitas crane khusus disediakan untuk menangani unit yang besar. Dalam
kedua hal tersebut, beck dan cover section dilebarkan di atas atau di dekat dengan
palkah yang butuh tidak kerja secara bersamaan dengan cargo gear atau disisi dermaga
containership pontoon hatch cover dilengkapi dengan peralatan angkat meniru
container corner fitting yang memungkinkan spreader pada container container
crane mengangkat tutup tanpa membutuhkan alat khusus. Container pontoon cover
tersebut beratnya dibatasi pada gross weight dari container 40’, kira-kira sebesar
30 ton. Lift-off cover umumnya serupa dengan steel pontoon cover terlihat pada
Gb. 22.20
3.2
Mechanical Cover
Hatch
cover yang dioperasikan secara mekanis ada 2 (dua) tipe dasar yaitu yang
digunakan pada geladak cuaca yang mana berupa weather tight dan dipasang pada
raised coaming atau rata dengan weather deck dan yang digunakan pada geladak bawah
yang mana adalah non-weathertight dan rata dengan geladak disekelilingnya. Tipe
tutup ini dilengkapi dengan natural atau suitetic rubber gasket, cross joint
wedge pada panel tepinya untuk mencapai weathertight seal. Automatic mechanical
dogging mechanism sering kali dipasang bersama dengan hatch closing mechanism
pada hatch cover yang besar, sehingga menghilangkan manual dogging.
3.3
Rolling Cover
End
atau side rolling hatch cover dengan konstruksi yang serupa adalah umumnya disusun
terpisah pada bagian tengah, dengan half-rolling kemasing-masing sisi atau ujung
palkah yang roda dari relnya dipasang permanen. Setelah kakinya lepas
(undogging) sebelum meluncur, tutup harus dinaikan dengan dongkrak mekanis khusus
yang dibuat didalam tutup atau ambamg, atau dengan dongkrak tangan portable,
dalam rangka untuk melepas gasket dari seal bar pada hatch coaming. Tutup kemudian
diluncurkan kelokasi penempatan seperti terikat pada Gb.22.22. Karena membutuhkan
luas geladak yang besar untuk tutup/cover bila palkah dibuka, side and rolling
cover umumnya dipasang pada dry bulk dan bulk-oilcarrier (OBO)
3.4
Hinge and Folding Cover
Kapal
yang menangani break-bulk general cargo atau containerized cargo sering menggunakan
hinge power-activated. Steel hatch cover dalam rangka untuk mendapatkan fast
economic operation (operasi cepat dan ekonomi).
Weather
deck hatch cover pada tipe ini dibuat dengan packing menyeluruh (integral
gasketing) pada semua sambungan (cross joint) dan sekelilingnya yang mana membuat
sebuah weathertight seal saat penutup palkah pada posisinya dan kaki nyaturun
(dogged down). Tweendeck hatch cover tidak memutuhkan weathertifht, sehingga tidak
ada gasketing, dan rata dengan geladak sekelilingnya untuk memfasilitasi penanganan
kendaraan danpenggunaan forklift back untuk pemindahan muatan ke dan dari hatch
square (daerah lubang palkah dan sisi ruang muat). Instalasi hinge, folding
hatch cover dibuat dalam sejumlah panel, jumlah panel tergantung panjang hatch
opening san jarak horizontal dan vertical pada ujung palkah yang untuk menampung
tutup tersebut bola diletakan pada posisi terbuka. Cover-activating mechanism:
Hinged folding hatch cover bagian luarnya dipasang digeladak kapal atau di
ambang palkah, digerakan oleh tenaga hidraulik yang teretak di dalam hatch
cover. Hatch cover draulic power station baik secara sentral atau dekat dengan masing-masing
lubang palkah, Hidraulically powered multi-leaf cover lebih mahal daripada non –hidraulically power type, tetapi bagi
operator kapal tipe tersebut lebih mudah, fleksibel dan nyaman opersinya.
3.5
Single Pull Cover
Single
pull cover untuk weather deck hatchway (palkah geladak cuaca) terdiri dari
multiple, interlocking, gaskeled, rolling section, yang dengan menggunakan tarikan
menerus dengan sebuah tali baja atau penggerak electro/hidraucally dengan rantai
yang siap menarik kesatu atau kedua ujung palkah, dimana tutup tersebut dilepasdan
miring dengan posisi vertical dan terletak tersusun rapi pada sebuah rak/penggantung
(lihat Gb. 22.24). Gerakan penutupan dengan urutan sebaiknya.Keuntungan utama dari
tipe tutup ini adalah kecepatan pembukaan dan penutupan, ditambah panjang hatch
yang tak terbatas dimana system ini digunakan Seperti pada end and side-rolling
cover, tutup ini harus jacket off coaming
gasket ( melepasdongkrak) (jacket off) coaming
jacket sebelum meluncur.
Urutan
operasi dan external mechanismenya lebih banyak dibanding dengan folding cover
tetapi instalasi system penutupan ini lebih murah dibanding hydraulic folding
cover.
3.6
Drum Slowing Cover
Hatch
cover, yang ditempatkan pada posisi terbuka pada sebuah drum, baik diletakan pada
ujung depan/belakang atau sebelah kiri/kanan dari bukaan palkah, dapat dipasang
di kapal atau tongkang. Undogging/unskating dari posisi tertutup keposisi terbuka
dan dogging/skating dari posisi terbuka keposisi
tertutup dikerjakan secara otomatis dengan operasi pembukaan/penutupan (Gb.
22.25 SD&C)
3.7
Watertight Oiltightdan Special Type Cover
Small
watertight atauoiltight cargo hatch cover dipasang pada bukaan ruang muat, yang
mana digunakan sebagai pilhan untuk muatan kering atau muatan cair, atau untuk
air ballast. Untuk menahan tekanan internal, tutup palkah tersebut dilengkapi dengan
synthetic rubber gasket dan yang diperkuat dengan baut yang lebih menutup rapat
ruangan dari tipe untuk weather deck weathertight hatches.
Pada
kapal tanker dan OBO’s, sebuah oiltight hatch umumnya mengijinkan penutup seperti
pada GB.22.26. macam-macam tipe paten oiltight dan watertight hatch cover
banyak digunakan.
4 komentar:
mas yang detail tentang drum slowing cover ada ta
gak ada cul wkwkwk
melok ae rek
Posting Komentar