Sabtu, 22 Agustus 2015

CARGO HATCH COVER (PENUTUP LUBANG PALKAH MUATAN)


           Saat ini penggunaan penutup kayu atau steel cargp hatch cover yang ditutup dengan terpal, botten dan dog disekeliling tepi nya telah berakhir. Hatch cover pada kapal modern umumnya terdiri dari bermacam-macam tipe seperti single-piece lift-off pontoon, hinged pontoon section yang yang dilipat untuk membukanya, rolling cover (fore and aft ataumelintang) dan potongan tutup ini diletakan pada drum. Dalam semua hal tutup tersebut dibuat water tight oleh dogging dengan gasket yang umumnya adalah steel hatch coaming seat bar.
3.1 Single-piece Pontoon Cover
Pontoon cover untuk containership dan modern break bulk cargo ship umumnya terdiri dari large steel section dengan ukuran yang cukup untuk menutup seluruh bukaan palkah dalam satu potong. Pontoon dibuka pada sisi bawah dan dirancang menggunakan rentang lebar palkah tanpa bantuan auxiliary beam support (penyangga bantu). Alat angkat dipasang pada masing-masing pontoon, yang kemudian ditangani oleh kapala tu crane darat. Single-piece pontoon cover yang besar mempunyai peran yang penting pada kapal container dan heavy lift ship dimana fasilitas crane khusus disediakan untuk menangani unit yang besar. Dalam kedua hal tersebut, beck dan cover section dilebarkan di atas atau di dekat dengan palkah yang butuh tidak kerja secara bersamaan dengan cargo gear atau disisi dermaga containership pontoon hatch cover dilengkapi dengan peralatan angkat meniru container corner fitting yang memungkinkan spreader pada container container crane mengangkat tutup tanpa membutuhkan alat khusus. Container pontoon cover tersebut beratnya dibatasi pada gross weight dari container 40’, kira-kira sebesar 30 ton. Lift-off cover umumnya serupa dengan steel pontoon cover terlihat pada Gb. 22.20
3.2 Mechanical Cover
Hatch cover yang dioperasikan secara mekanis ada 2 (dua) tipe dasar yaitu yang digunakan pada geladak cuaca yang mana berupa weather tight dan dipasang pada raised coaming atau rata dengan weather deck dan yang digunakan pada geladak bawah yang mana adalah non-weathertight dan rata dengan geladak disekelilingnya. Tipe tutup ini dilengkapi dengan natural atau suitetic rubber gasket, cross joint wedge pada panel tepinya untuk mencapai weathertight seal. Automatic mechanical dogging mechanism sering kali dipasang bersama dengan hatch closing mechanism pada hatch cover yang besar, sehingga menghilangkan manual dogging.

3.3 Rolling Cover
End atau side rolling hatch cover dengan konstruksi yang serupa adalah umumnya disusun terpisah pada bagian tengah, dengan half-rolling kemasing-masing sisi atau ujung palkah yang roda dari relnya dipasang permanen. Setelah kakinya lepas (undogging) sebelum meluncur, tutup harus dinaikan dengan dongkrak mekanis khusus yang dibuat didalam tutup atau ambamg, atau dengan dongkrak tangan portable, dalam rangka untuk melepas gasket dari seal bar pada hatch coaming. Tutup kemudian diluncurkan kelokasi penempatan seperti terikat pada Gb.22.22. Karena membutuhkan luas geladak yang besar untuk tutup/cover bila palkah dibuka, side and rolling cover umumnya dipasang pada dry bulk dan bulk-oilcarrier (OBO)
3.4 Hinge and Folding Cover
Kapal yang menangani break-bulk general cargo atau containerized cargo sering menggunakan hinge power-activated. Steel hatch cover dalam rangka untuk mendapatkan fast economic operation (operasi cepat dan ekonomi).
Weather deck hatch cover pada tipe ini dibuat dengan packing menyeluruh (integral gasketing) pada semua sambungan (cross joint) dan sekelilingnya yang mana membuat sebuah weathertight seal saat penutup palkah pada posisinya dan kaki nyaturun (dogged down). Tweendeck hatch cover tidak memutuhkan weathertifht, sehingga tidak ada gasketing, dan rata dengan geladak sekelilingnya untuk memfasilitasi penanganan kendaraan danpenggunaan forklift back untuk pemindahan muatan ke dan dari hatch square (daerah lubang palkah dan sisi ruang muat). Instalasi hinge, folding hatch cover dibuat dalam sejumlah panel, jumlah panel tergantung panjang hatch opening san jarak horizontal dan vertical pada ujung palkah yang untuk menampung tutup tersebut bola diletakan pada posisi terbuka. Cover-activating mechanism: Hinged folding hatch cover bagian luarnya dipasang digeladak kapal atau di ambang palkah, digerakan oleh tenaga hidraulik yang teretak di dalam hatch cover. Hatch cover draulic power station baik secara sentral atau dekat dengan masing-masing lubang palkah, Hidraulically powered multi-leaf cover lebih mahal daripada  non –hidraulically power type, tetapi bagi operator kapal tipe tersebut lebih mudah, fleksibel dan nyaman opersinya.
3.5 Single Pull Cover
Single pull cover untuk weather deck hatchway (palkah geladak cuaca) terdiri dari multiple, interlocking, gaskeled, rolling section, yang dengan menggunakan tarikan menerus dengan sebuah tali baja atau penggerak electro/hidraucally dengan rantai yang siap menarik kesatu atau kedua ujung palkah, dimana tutup tersebut dilepasdan miring dengan posisi vertical dan terletak tersusun rapi pada sebuah rak/penggantung (lihat Gb. 22.24). Gerakan penutupan dengan urutan sebaiknya.Keuntungan utama dari tipe tutup ini adalah kecepatan pembukaan dan penutupan, ditambah panjang hatch yang tak terbatas dimana system ini digunakan Seperti pada end and side-rolling cover, tutup ini harus jacket off coaming gasket ( melepasdongkrak) (jacket off) coaming  jacket sebelum meluncur.
Urutan operasi dan external mechanismenya lebih banyak dibanding dengan folding cover tetapi instalasi system penutupan ini lebih murah dibanding hydraulic folding cover.
3.6 Drum Slowing Cover
Hatch cover, yang ditempatkan pada posisi terbuka pada sebuah drum, baik diletakan pada ujung depan/belakang atau sebelah kiri/kanan dari bukaan palkah, dapat dipasang di kapal atau tongkang. Undogging/unskating dari posisi tertutup keposisi terbuka dan  dogging/skating dari posisi terbuka keposisi tertutup dikerjakan secara otomatis dengan operasi pembukaan/penutupan (Gb. 22.25 SD&C)
3.7 Watertight Oiltightdan Special Type Cover
Small watertight atauoiltight cargo hatch cover dipasang pada bukaan ruang muat, yang mana digunakan sebagai pilhan untuk muatan kering atau muatan cair, atau untuk air ballast. Untuk menahan tekanan internal, tutup palkah tersebut dilengkapi dengan synthetic rubber gasket dan yang diperkuat dengan baut yang lebih menutup rapat ruangan dari tipe untuk weather deck weathertight hatches.
Pada kapal tanker dan OBO’s, sebuah oiltight hatch umumnya mengijinkan penutup seperti pada GB.22.26. macam-macam tipe paten oiltight dan watertight hatch cover banyak digunakan.

Abdullah Azam

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

mas yang detail tentang drum slowing cover ada ta

Unknown mengatakan...

gak ada cul wkwkwk

Unknown mengatakan...

melok ae rek

Abdullah Azam mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.